Materi SMK Kelas 10 Penjualan/Pemasaran : KONFLIK
1. Apa yang disebut konflik ?
Konflik dalam sebuah perusahaan adalah hal yang umum. Apalagi orang-orang yang terlibat di dalamnya berasal dari latar belakang yang budaya yang berbeda.
2.Sebutkan sumber-sumber konflik !
-Kesalahpahaman
-Perbedaan pendapatan
-Perdebatan
-Perbedaan budaya
-Konflik itu sendiri
3.Sebutkaan faktor-faktor penyebab konflik yang berasal dari dalam diri manusia dan diluar diri manusia !
A. Dalam diri manusia
-faktor faktor yang ada dalam diri manusia meliputi kepribadian, sistem nilai, motivasi perilaku manusia, dan sikap terhadap sesuatu disekitar dirinya
B. Diluar diri manusia
-faktor yang ada di luar diri manusia meliputi sistem nilai yang hidup dalam masyarakat, kondisi lingkungan alam, kondisi tata ruang, dan kondisi ekonomi
4.Sebutkan 5 tahap motifasi prilaku manusia !
Menurut abraham maslow, motifasi perilaku manusia ada lima tahap, yaitu=
1. Kebutuhan dasar/fisik
2. Kebutuhan rasa aman
3. Kebutuhan akan kasih sayang
4. Kebutuhan akan harga diri
5. Kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri
5. Jelaskan mengapa tata ruang, pelengkapan, atau peralatan sangat mempengaruhi perilaku manusia!
Ruangan yang ditata sedemikian rupa sehingga setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain akan membentuk perilaku yang lebih individual. Sementara itu, ruangan yang ditata sedemikian rupa sehingga orang dapat berinteraksi dengan orang lain akan memudahkan kerjasama dan lebih terbuka.
6. Jelaskan cara-cara yang dapat ditempuh untuk meminimalkan konflik!
- Mencegah timbulnya penurunan kualitas tenaga kerja diperusahaan
- Mengurangi perasaan kurang puas diantara karyawan sehingga mereka lebih betah bekerja
- Memberikan suatu metode dalam memecahkan masalah/konflik
- Memperlihatkan secara nyata bahwa para supervisor/penyelia tidak hanya berpihak pada manajemen
- Meningkatkan produktivitas dan motivasi kerja
7. Jelaskan prosedur formal penyelesaian konflik!
- Menciptakan jalur komunikasi, sehingga pihak-pihak yang berkonflik bisa berdialog dengan mudah
- Sarana katarsis (pelepasan emosi-emosi yang terpendam) yang memungkinkan karyawan mengemukakan keluh kesah dan problemnya dalam suasana yang terbuka dan enak
- Sarana kristalisasi yang berfungsi sebagai suatu mekanisme resmi untuk mengungkapkan keluhan karyawan dan merumuskan kembali masalah-masalah yang dihadapi
- mengatasi konflik secara nyata sehingga kedua belah pihak merasa puas disini, manajemen harus memahami dan mendapatkan informasi lebih konkret tentang berbagai permasalahan karyawannya, sehingga karyawan merasa lebih diperhatikan, diperlakukan secara adil, dan dihargai
8. Sebutkan cara-cara penanganan efektif terhadap keluhan konsumen ?
-).empati
-).komitmen
-).menguntungkan kedua belah pihak (win-win solution)
-).kemudahan konsumen untuk menghubungi perusahaan
-).keterlibatan pimpinan
9. Sebutkan 5 hal-hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan ketidak puasan pelanggan ?
-).memahami apa yang diperlukan
-).menentukan apa yang dapat dilakukan
-).menyetujui tindakan pelanggan
-).ambil tindakan sesuai rencana
-).mempertahankan agar konsumen tetap diberi informasi
10. Sebutkan langkah-langkah analisa pengaduan dari konsumen ?
-).melakukan survey dan mengumpulkan data tentang keluhan konsumen
-).memproduksi dan membeli untuk menyediakan kebutuhan pelanggan
-).mencatat pesanan pelanggan
-).menyusun pesanan pelanggan
-).menegaskan pesanan pelanggan
-).memberikan/memberitahu spesifikasi barang dan mendomonstrasikannya
-).ucapan terima kasih
11. Sebutkan beberapa indikator keluhan konsumen ?
-).merasa dibohongi
-).kuantitas produksi
-).kemasan rusak
-).keterlambatan pengiriman
12. Sebutkan contoh-contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk mempertahankan konsumen ?
-).memberikan hadiah kepada pelanggan yang mengkeritik dan ternyata kritik sangat bermanfaat untuk perkembangan perusahaan
-).memberikan ganti rugi dan kompensasi lainnya
-).menyediakan layanan keluhan agar pelanggan tidak merasa keluhannya tidak ditanggapi
Konflik dalam sebuah perusahaan adalah hal yang umum. Apalagi orang-orang yang terlibat di dalamnya berasal dari latar belakang yang budaya yang berbeda.
2.Sebutkan sumber-sumber konflik !
-Kesalahpahaman
-Perbedaan pendapatan
-Perdebatan
-Perbedaan budaya
-Konflik itu sendiri
3.Sebutkaan faktor-faktor penyebab konflik yang berasal dari dalam diri manusia dan diluar diri manusia !
A. Dalam diri manusia
-faktor faktor yang ada dalam diri manusia meliputi kepribadian, sistem nilai, motivasi perilaku manusia, dan sikap terhadap sesuatu disekitar dirinya
B. Diluar diri manusia
-faktor yang ada di luar diri manusia meliputi sistem nilai yang hidup dalam masyarakat, kondisi lingkungan alam, kondisi tata ruang, dan kondisi ekonomi
4.Sebutkan 5 tahap motifasi prilaku manusia !
Menurut abraham maslow, motifasi perilaku manusia ada lima tahap, yaitu=
1. Kebutuhan dasar/fisik
2. Kebutuhan rasa aman
3. Kebutuhan akan kasih sayang
4. Kebutuhan akan harga diri
5. Kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri
5. Jelaskan mengapa tata ruang, pelengkapan, atau peralatan sangat mempengaruhi perilaku manusia!
Ruangan yang ditata sedemikian rupa sehingga setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain akan membentuk perilaku yang lebih individual. Sementara itu, ruangan yang ditata sedemikian rupa sehingga orang dapat berinteraksi dengan orang lain akan memudahkan kerjasama dan lebih terbuka.
6. Jelaskan cara-cara yang dapat ditempuh untuk meminimalkan konflik!
- Mencegah timbulnya penurunan kualitas tenaga kerja diperusahaan
- Mengurangi perasaan kurang puas diantara karyawan sehingga mereka lebih betah bekerja
- Memberikan suatu metode dalam memecahkan masalah/konflik
- Memperlihatkan secara nyata bahwa para supervisor/penyelia tidak hanya berpihak pada manajemen
- Meningkatkan produktivitas dan motivasi kerja
7. Jelaskan prosedur formal penyelesaian konflik!
- Menciptakan jalur komunikasi, sehingga pihak-pihak yang berkonflik bisa berdialog dengan mudah
- Sarana katarsis (pelepasan emosi-emosi yang terpendam) yang memungkinkan karyawan mengemukakan keluh kesah dan problemnya dalam suasana yang terbuka dan enak
- Sarana kristalisasi yang berfungsi sebagai suatu mekanisme resmi untuk mengungkapkan keluhan karyawan dan merumuskan kembali masalah-masalah yang dihadapi
- mengatasi konflik secara nyata sehingga kedua belah pihak merasa puas disini, manajemen harus memahami dan mendapatkan informasi lebih konkret tentang berbagai permasalahan karyawannya, sehingga karyawan merasa lebih diperhatikan, diperlakukan secara adil, dan dihargai
8. Sebutkan cara-cara penanganan efektif terhadap keluhan konsumen ?
-).empati
-).komitmen
-).menguntungkan kedua belah pihak (win-win solution)
-).kemudahan konsumen untuk menghubungi perusahaan
-).keterlibatan pimpinan
9. Sebutkan 5 hal-hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan ketidak puasan pelanggan ?
-).memahami apa yang diperlukan
-).menentukan apa yang dapat dilakukan
-).menyetujui tindakan pelanggan
-).ambil tindakan sesuai rencana
-).mempertahankan agar konsumen tetap diberi informasi
10. Sebutkan langkah-langkah analisa pengaduan dari konsumen ?
-).melakukan survey dan mengumpulkan data tentang keluhan konsumen
-).memproduksi dan membeli untuk menyediakan kebutuhan pelanggan
-).mencatat pesanan pelanggan
-).menyusun pesanan pelanggan
-).menegaskan pesanan pelanggan
-).memberikan/memberitahu spesifikasi barang dan mendomonstrasikannya
-).ucapan terima kasih
11. Sebutkan beberapa indikator keluhan konsumen ?
-).merasa dibohongi
-).kuantitas produksi
-).kemasan rusak
-).keterlambatan pengiriman
12. Sebutkan contoh-contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk mempertahankan konsumen ?
-).memberikan hadiah kepada pelanggan yang mengkeritik dan ternyata kritik sangat bermanfaat untuk perkembangan perusahaan
-).memberikan ganti rugi dan kompensasi lainnya
-).menyediakan layanan keluhan agar pelanggan tidak merasa keluhannya tidak ditanggapi
Komentar
Posting Komentar