Riset pemasaran


Riset dan penelitian sama saja adalah proses menemukan solusi terhadap suatu masalah

Riset adalah mencari solusi dengan langkah-langkah yang sistematis, tertib dan teratur.

Secara pemakaian,  riset dibedakan menjadi 2 ;

1. Riset murni; yang dilakukan oleh ilmuan untuk mencari pengetahuan tapi manfaatnya tidak ada.  Contoh; skripsi lebih menguji teori

2. Riset terapan; lebih ditekankan ke manfaatnya untuk menyelesaikan suatu masalah

Secara bidangnya,  riset dibedakan menjadi 2;

1. Riset bidang eksak adalah ilmu pasti dan tidak mengenal asumsi (biologi,  math,  fisika dan sebagainya)

2. Riset bidang sosial adalah banyak faktor yang tidak jelas dan tidak bisa dikendalikan sehingga mengenal konsep asumsi unsur sosial luas

Riset pemasaran adalah riset terapan dan sosial

Elemen dari riset pemasaran ;
1. Ada kebutuhan
2. Ada proses
3. Ada dipakai untuk menemukan solusi

Klasifikasi riset pemasaran;

1. Riset akademik;  tujuan untuk meningkatkan pengetahuan (terstruktur)

2. Riset bisnis; untuk menyusun marketing plan (bisa terstruktur/ bisa tidak)

3. Riset praktisi; banyak caranya dan tidak terstruktur, tujuan untuk menemukan solusi yang cepat

Strategi - stp - ngelakuinnya susah dan susah diubah

Taktik - 4p - diferensiasi - gampang diubah dan tidak fundamental

Lembaga pelaksana riset pemasaran lokal independen;  markplus,  in frontier, mars interbrand dan nielsen


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Usaha : ALMOND CRISPY CHEESE COOKIES

Contoh Acknowledging Orders Letter (Indented style) Order acknowledgement is a written confirmation that the order is bookend or received.

Materi Matematika : PELUANG