Riset pemasaran
Riset dan penelitian sama saja adalah proses menemukan solusi terhadap suatu masalah
Riset adalah mencari solusi dengan langkah-langkah yang sistematis, tertib dan teratur.
Secara pemakaian, riset dibedakan menjadi 2 ;
1. Riset murni; yang dilakukan oleh ilmuan untuk mencari pengetahuan tapi manfaatnya tidak ada. Contoh; skripsi lebih menguji teori
2. Riset terapan; lebih ditekankan ke manfaatnya untuk menyelesaikan suatu masalah
Secara bidangnya, riset dibedakan menjadi 2;
1. Riset bidang eksak adalah ilmu pasti dan tidak mengenal asumsi (biologi, math, fisika dan sebagainya)
2. Riset bidang sosial adalah banyak faktor yang tidak jelas dan tidak bisa dikendalikan sehingga mengenal konsep asumsi unsur sosial luas
Riset pemasaran adalah riset terapan dan sosial
Elemen dari riset pemasaran ;
1. Ada kebutuhan
2. Ada proses
3. Ada dipakai untuk menemukan solusi
Klasifikasi riset pemasaran;
1. Riset akademik; tujuan untuk meningkatkan pengetahuan (terstruktur)
2. Riset bisnis; untuk menyusun marketing plan (bisa terstruktur/ bisa tidak)
3. Riset praktisi; banyak caranya dan tidak terstruktur, tujuan untuk menemukan solusi yang cepat
Strategi - stp - ngelakuinnya susah dan susah diubah
Taktik - 4p - diferensiasi - gampang diubah dan tidak fundamental
Lembaga pelaksana riset pemasaran lokal independen; markplus, in frontier, mars interbrand dan nielsen
Komentar
Posting Komentar