Catatan Abstrak Saya

Praktisi = praktek langsung dilapangan
Akademisi = kerja di bidang pendidikan

Metodologi penelitian adalah sekumpulan, peraturan,  kegiatan dan prosedur yang digunakan untuk meneliti

Keinginan = tidak terbatas 
Kebutuhan = terbatas

Memelihara hubungan pelanggan, memuaskan pelanggan dan menjaga kepercayaan  adalah proses CRM

Sales to service to support to quality (rewind circle) 

Maksimal = dengan cara membandingkan/lihat orang lain
Optimal = dengan cara kemampuan sendiri

Ciri pelayanan; 
1. Tidak kasat mata
2. Melibatkan upaya manusia atau peralatan lain yang disediakan oleh perusahaan penyelengara pelayanan

Strategi, sistem dan sdm akan menunjang pelayanan terhadap pelanggan

Unsur marketing; intelegence dan imajinasi

Anatomi marketing horizontal;

Y - You
N - Netizen
W - Woman (paling banyak mengambil keputusan pembelian karena wanita itu multi-tasking)

7P (product, price, place,  promotion,  psyhical evidence, people,  and process) - marketing mix service/jasa

4P (product,  price, place, and promotion) - marketing mix product

Market bukan menunggu tapi harus diciptakan tidak perlu need and want saya harus tahu apa keinginan anda. Kalau tanpa persiapan bagaimana anda akan memulai

Marketing seperti balapan example pembalap satu melihat jalan dan spion lalu oper gigi sedangkan pembalap dua mengikuti pembalap satu dan mecari kelemahannya

Customer bukan lagi raja sekarang customer adalah patner membangun usaha (tidak bisa dibohongi)  raja bisa dibohongi asal puas. 

Loyal adalah keuntungan membeli kembali dan tahan dengan godaan atau rekomendasi


Sales à Pelanggan      Marketing  à End consumer
Sales representatives à sales obat yang datang ke dokter untuk memasarkan obat
Sales à personal sellling à promosi à pemasaran



StrategiàSTP(segmeting, targeting, and positioning)
Taktikà 4p (Product, Price, Place, Promotion) disebut juga marketing mix/bauran pemasaran
Value à Benefit : Cost / Manfaat yang diperoleh dibagi biaya yang dikeluarkan
Zero chanel à pabrik menjual produknya langsung kepada end customer
Gdp à gross domestic product (geografis)
Gnp à gross national product(Kewarganegaraan)
Padat karya à butuh tenaga kerja
Padat modal à butuh modal

Bauran pemasaran ritel terdiri dari produk, harga, pelayanan dan fasilitas fisik

PRODUK à faktor-faktor yang dipertimbangkan toko/ritel dalam memilih produk yang dijualnya antara lain :

-Variety = variasi/ragam
-Width or breath = lebar/sempit (merek yang banyak)
-Depth = kedalaman/keturunan produk seperti cuci muka, pelembab, masker
-Consitency = konsistensi (selalu tersedia)

HARGA à faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menetapkan harga adalah : pasar sasaran, persaingan, biaya produk, aturan harga dalam bauran ritel, karakteristik barang dagangan, pertimbangan hukum dan HET (Harga eceran tertinggi).

STRATEGI HARGA
-     1. Penetapan harga dibawah harga pasar (pricing below market) à penetrasi harga
-     2. Penetapan harga sesuai dengan harga pasar (pricing at the market) à perusahaan merek/produk yang sudah mapan
-    3.Penetapan harga diatas harga pasar (pricing above the market) à diatas harga pricing untuk menentukan image

_ - SIAPA YANG BISA MEMBACA DAN MEMAHAMI PIKIRAN ORANG LAIN, IA DAPAT MENGUBAH DAN MENGUASAI DUNIA -_

PROMOSI  à   upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Bisnis card/kartu nama adalah memarketingkan diri disini promosi untuk membedakan keunggulan dan value punya kita dengan pihak lain.

Berikut alasan mengapa kita butuh promosi? (sifat promosi hanya untuk mengingatkan saja)
1.       Peningkatan penjualan ; menjadi tujuan utama yang akan dicapai dari sebuah promosi yang dilakukan
2.       Menarik minat konsumen ; konsumen tertarik dengan produk kita itu tantangan untuk kita, membuat produk yang lebih baik lagi
3.       Menunjukan kualitas produk ; promosi dilakukan untuk menunjukan kualitas produk
4.       Produk semakin dikenal ; sebuah promosi dapat meyakinkan. Jadi kegiatan promosi sangat penting untuk memperluas pasar.

Berman & evans 2001 membagi promosi ritel menjadi :
-          point of purchase
-          kupon
-          kontes
-          program belanja
-          undian
-          sample
-          demonstrasi
-          hadiah
-          gridline free low
                                  
strategi promosi (landasan) adalah bagian dari strategi pemasaran (helicopter view) misalnya seperti papua sangat butuh pesawat dapat dibranding oleh perusahaan pesawat lain karena jarak antar kota jauh dan belum ada jalan.

3 jenis promosi yang sering dilakukan peritel
-          Iklan
-          Penjualan langsung melalui spg
-          Promosi penjualan seperti buy 1 get 1


Pelayanan

jenis-jenis pelayanan dalam bauran ritel :
-          Waktu pelayanan toko
-          Pengiriman barang
-          Penaganan keluhan pelanggan
-          Penerimaan pesanan alternatif
-          Fasilitas parkir
-          Pelayanan tambahan lainnya seperti fasilitas pembayaran, pemasangan, perubahan model
Fasilitas (lokasi, tata letak dan desain toko ; eksterior, interior, cahaya, wewangian, musik dan lain-lain)

Apakah pertanyaan terbesar didalam dunia pemasaran secara umun? YAITU Apa yang dibutuhkan dan diinginkan?

Perilaku konsumen à proses cari hingga konsumsi

MANAJEMEN BAURAN PRODUK
Lebar bauran : menjual produk dalam beberapa lini
Lini produk :2b, fable castle, dan lain-lain
Perentanga ke bawah ; vit menghantam pasar bawah aqua
Perentangan ke atas ; unilever tidak bisa menembus pasar hangen dazs (es krim) dan baskin robbins (es krim)
Perentangan ke 2 arah : kalkulator casio atau sony yang menuju golongan atas dan bawah
Marketing insight à analisis kekayaan, kemungkinan yang terjadi. Contoh : Pikir orang kaya di cina daripada saya belanja atau investasi ke orang asing atau luar lebih baik ke bangsa sendiri agar uangnya tidak pergi kemana-mana. Disini jack ma lebih mengedepankan alibaba 2x lebih besar daripada si wallmart. Wallmart tidak ada online. Alibaba ada disetiap laptop. Peluang ketika melihat kebiasaan orang belanja berubah.


Lima gaya hidup yang mempengaruhi kesuksesan anda dalam berkarir maupun berbisnis:
1 cara anda membayangkan jalan menuju kesuksesan dengan membuat peta perjalanan hidup menuju ke arah sana
2 cara anda makan dan tidur biasanya pengusaha sukses yang teratur pola hidupnya
3 cara anda bergaul gaya pergaulan dan seluruh sikap anda akan menentukan kesuksesan anda
4 cara berfikir sikap serius dan konsisten dalam menjalani hidup maka kesuksesan akan menghampiri 
5 cara anda menikmati kehidupan yang dijalani kesuksesan selalu diikuti kebahagiaan,jika anda tidak bisa merasakannya mungkin anda masih dalam proses menuju kesana.kesuksesan bukanlah seberapa banyak yang dicapai tapi seberapa baik kita menikmatinya

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian , pemilihan, pembelian, penggunaan serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen à proses cari hingga konsumsi

1.1   evironmental analysis (analisis lingkungan)
a)      the marketing environment
-          competitive forces (pesaing)
-          economic forces (ekonomi)
-          legal and regulator forces (izin dan peraturan)
-          sosiocultural and demografis forces (gaya hidup dan kultur)
-          political forces (politik)
-          technological forces (teknologi)

Faktor psikologi
-          pengalaman kerja
-          beliefs : keyakinan terhadap suatu merk diubah melalui komunikasi persuasif
-          motivation (motivasi)
-          attitude (sikap)
-          kepribadian à pramuniaga dan pelayanan prima
-          persepsi à gambaran
-          pembelajaran à proses feedback, diskusi, membaca dan observasi

segmentasi demografi àumur dan tahap siklus hidup, disimi konsumen butuh dan kemauan berubah sesuai umur.


Brand equity, terdiri dari :            Brand image
                                                                Brand identity
                                                                Brand awareness
                                                                Customer perception/Perceived quality
                                                                Brand loyality
                                                                Brand association
Brand extension : perluasan produk tapi berbagai kategori produk berbeda (perusahaan mempunyai merek yang sudah top)
Rasional à laki-laki
Emosional à perempuan
Marketing mix = bauran pemasaran (Produk à 4P à 9P) (Jasa à 7P)
Promotion mix = IMC (INTERGRATED MARKETING COMMUNICATION)
TRADENAME terdiri dari brand produk dan brand corporate
Diengange = bagaimana dia membuat merek itu abadi
Anatomi marketing = youth women netizen

Marketleader 40% challenger 30% follower 20% nicher 10%
Trade character à maskot à ancol
Loyalitas diukur dari merek dan brand yang mahal dan kuat karena customer suadh mempunyai daya beli yang mumpuni

taktik untuk jangka pendek naikkan lagi nggak masalah
 strategi untuk jangka panjang naikkan bisa bermasalah
taktik seperti diskon jelang Ramadhan
strategi seperti diskon setiap hari atau weekend

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Usaha : ALMOND CRISPY CHEESE COOKIES

Contoh Acknowledging Orders Letter (Indented style) Order acknowledgement is a written confirmation that the order is bookend or received.

Materi Matematika : PELUANG